Profil

Pesantren Miftahul Huda Manonjaya yang berdiri sejak 1969 merupakan Pondok Salafy terbesar se-Jawa Barat yang keberadaannya diakui oleh masyarakat Jawa Barat. Seiring dengan perkembangan zaman minat masyarakat terhadap Pesantren Miftahul Huda yang menginginkan santri yang tinggal dipesantren tetap bisa melanjutkan sekolah, maka dari itu Miftahul Huda membuat sebuah program “Mondok Sambil Sekolah” terbentuklah Pesantren Muftahul Huda Alfaqih yang dimandatkan KH. Choer Affandy (Alm.) kepada KH. Enjang Sukanda (Alm.).

Lembaga Pendidikan Alfaqih merupakan sebuah Pondok Pesantren yang para santrinya selain menimba ilmu agama memperoleh pengetahuan umum di Sekolah, kami merepresentasikan bentuk tanggung jawab dengan menghadirkan sekolah langsung didalam komplek Pesantren yaitu SMP IT ALFAQIH, SMA IT ALFAQIH, dan SMK IT ALFAQIH, dan untuk santri yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi diperbolehkan memilih kampus disekitar Tasikmalaya.

Disamping itu Pondok Pesantren Miftahul Huda Alfaqih tetap mengedepankan sistem pendidikan dan Visi Misi Pesantren Miftahul Huda Pusat.